Friday, January 16, 2015

Cara Mematikan Aplikasi Windows yang Berjalan di Startup

Cara Mematikan Aplikasi Startup di Semua Versi Windows

Cara Mematikan Aplikasi Startup di Semua Versi Windows

Windows sejak dahulu memiliki berbagai macam dukungan program yang begitu banyak. Hal ini tidak lain karena Windows memiliki pengguna terbanyak di Dunia. Pengguna pun dapat memilih berbagai macam program yang dia suka. Namun, kalian pengguna Windows pasti merasa semakin banyak program yang terinstall di Windows kalian, kalian merasa sistem operasi Windows kalian semakin lambat saat startup.

Well, ditutorial kali ini saya akan membagikan trik bagaimana cara mematikan aplikasi saat Startup di Windows. Buat sebagian pengguna, kalian pasti sudah mengetahuinya. Tutorial ini di khususkan untuk yang belum tahu saja hehe.

Cara Mematikan Program di Startup Windows XP, Vista & Windows 7

Aplikasi seperti Antivirus akan menambahkan list di Startup setelah selesai installasi. Hal ini berfungsi apabila kalian selesai booting, antivirus tersebut akan melakukan scanning saat startup dan mencegah virus / malware. 

Namun, sebagian program tidaklah harus berjalan saat startup Windows. Hal ini malah akan menambah waktu startup. Apalagi bagi pengguna yang memiliki RAM kecil, Windowsnya pun akan terasa sangat lemot.

Untuk pengguna Windows XP hingga Windows 7, kalian dapat mematikan aplikasi di Startup dengan sangat mudah, caranya adalah :

1. Klik tombol start kalian lalu ketik perintah dibawah ini pada kotak pencarian ( search box ) dan jika sudah kalian klik Enter. 

msconfig.exe

( Khusus untuk Windows XP, kalian ketik perintah diatas pada Run Box ).


2. Selanjutnya kalian pasti akan melihat tampilan dari System Configuration. Kalian pilih tab Startup. Didalam tab Startup akan ditampilkan berbagai macam aplikasi yang berjalan di Startup. Dan untuk mematikannya, kalian hapus saja centang pada aplikasi yang kalian ingin matikan dan jika sudah klik Apply --> Ok.

Cara Mematikan Aplikasi Windows yang Berjalan di Startup

3. Lalu akan muncul pop-up Windows seperti dibawah ini. Kalian klik Restart untuk me-restart PC kalian.

Cara Mematikan Aplikasi Windows yang Berjalan di Startup

Cara Mematikan Program di Startup Windows 8, 8.1 & Windows 10

Tidak seperti Windows XP, Vista atau 7. Microsoft telah mengimprovisasi fitur untuk mematikan aplikasi di Startup. Caranya pun sangat mudah yakni :

1. Pada Taskbar kalian klik kanan dan pilih Task Manager atau bisa juga dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC pada keyboard.

2. Jika tampilan Task Manager kalian seperti dibawah ini, kalian klik saja More Details.


3. Selanjutnya kalian pilih pada tab Startup dan nantinya akan muncul aplikasi yang berjalan pada Startup. Kalian pilih saja aplikasi yang ingin dimatikan dan klik Disable di pojok kanan bawa layar Task Manager.

 

Bagaimana ? Mudah kan ?

Title Post: Cara Mematikan Aplikasi Windows yang Berjalan di Startup
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Thanks for visit my blog, if you want question please contact us

Related Articles

No comments:

Post a Comment